• Post author:
  • Post category:Berita
Kegiatan Pembekalan Magang Pendidikan 1,2,3 di R. 408 Gd. NRC Unimus
Kegiatan Pembekalan Magang Pendidikan 1,2,3 di R. 408 Gd. NRC Unimus

Pada tanggal 11-12 Agustus 2016, ketiga Prodi Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Semarang (Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Kimia) menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Magang Kependidikan di Ruang 408 Gedung NRC, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembekalan ini diikuti oleh sekurang-kurangnya 119  mahasiswa dari ketiga program studi kependidikan di Unimus. Acara yang bertema “Being fun, attractive and competent teacher” ini dimulai tepat pada pukul 08:00 WIB dengan dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor 1 (Bidang Akademik). Dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 (Dr. Sri Darmawati, M.Si.) mengucapkan selamat kepada seluruh peserta magang karena mereka telah mendapatkan kesempatan untuk terjun langsung di lapangan (sekolah-red) untuk mengaplikasikan segala teori yang telah diperoleh di kampus untuk diaplikasikan di kehidupan yang riil. Tak lupa beliau juga berpesan untuk menjaga nama baik institusi (UNIMUS) karena mereka dilepas nantinya membawa nama institusi.

WR Rektor 1 Dr. Sri Darmawati, M.Si. menyampaikan sambutan pada acara Pembekalan Magang Kependidikan 1,2,3
WR Rektor 1
Dr. Sri Darmawati, M.Si. menyampaikan sambutan pada acara Pembekalan Magang Kependidikan 1,2,3
Mrs. Oleksandra Burovska (Ukraine)
Mrs. Oleksandra Burovska (Ukraine)

Terdapat hal yang menarik pada acara pembekalan kali ini, yaitu hadirnya pembicara tamu dari Ukraina, Ms. Oleksandra Burovska dari Ukraina. Kehadirannya di kampus Unimus adalah untuk berbagi dan memotivasi siswa tentang bagaimana menjadi guru yang profesional, menarik dan menyenangkan. Menurut beliau bahwa untuk menjadi guru di zaman sekarang ini harus menyesuaikan diri dengan peserta didiknya, artinya calon guru/guru harus paham betul dunia peserta didiknya. Selain itu, guru juga harus up-to date tentang segala jenis informasi masa kini atau dalam bahasa yang lebih membumi adalah “kekinian”. Acara yang dikemas secara sederhana tersebut lebih mengedepankan diskusi langsung dengan mahasiswa, sehingga terjalin komunikasi timbal balik yang hangat antara nara sumber dengan mahasiswa. Dialog tersebut kemudian diakhiri setelah hampir dua jam Ms. Oleksandra Burovska menyampaikan materinya dan tak lupa beliau juga memotivasi para peserta magang 1,2,3 untuk bersyukur karena mereka memilih untuk menjadi guru, karena guru adalah profesi yang mulia. Tidak semua orang bisa mendidik, “…so be proud of it”, begitu tambahnya. Sesi pertama ini berlangsung sukses berkat bantuan dan dukungan penuh dari tim IRO (International Officer) yang digawangi oleh M. Yusuf, Ph.D.

Agenda pertama ditutup dengan bertukar cindera mata antara pihak Unimus dan Mrs. Oleksandra Burovska.

 

Rishal Indah Samudra mempimpin peserta pembekalan magang untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah
Rishal Indah Samudra mempimpin peserta pembekalan magang untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi kedua, pemaparan Magang Kependidikan1,2,3 oleh Dr. Eny Winaryati, M.Pd. Dalam paparannya, narasumber kedua ini menjabarkan secara detail mengenai teknis magang 1,2,3. Magang 1 menitikberatkan pada observasi kultur sekolah, magang 2 berfokus pada penyusunan perangkat pembelajaran dan magang 3 adalah asistensi mengajar dimana mahasiswa diminta untuk mengamati segala sesuatu yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas.

Diskusi hari kedua, tanggal 12 Agustus 2016 dibagi menjadi kelas Magang 1, Magang 2, dan Magang 3
Diskusi hari kedua, tanggal 12 Agustus 2016 dibagi menjadi kelas Magang 1, Magang 2, dan Magang 3
Diskusi di kelas Magang 3
Diskusi di kelas Magang 3

Sedangkan di hari kedua (tanggal 12 Agustus 2016), mahasiswa peserta magang 1,2,3 dikelompokkan per kategori magang untuk mendapat penjelasan yang lebih detail mengenai etika, cara berpakaian, aspek penilaian dan juga tanggung jawab/tagihan setelah proses magang berakhir. Mahasiswa diminta untuk menyusun laporan akhir dan artikel ilmiah berdasarkan pengamatan yang mereka lakukan di lingkungan sekolah. Untuk magang 1 dan dua berlangsung dari tanggal 15 -27 Agustus 2106, sedangkan magang 3 berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lebih lama yaitu dari tanggal 15 Agustus – 15 September 2016. (rd)